widgets

Senin, 18 November 2013

TIK :perangkat keras jaringan LAN

PERANGKAT KERAS JARINGAN LOKAL

Untuk membangun jaringan lokal sehingga dapat terhubung dengan Internet perlu dipersiapkan perangkat keras yang mendukungnya. Perangkat keras jaringan lokal disebut sebagai antarmuka saluran komunikasi. Dalam jaringan lokal, perangkat keras yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

1. Network Interface Card (NIC)
NIC yang disebut juga kartu antarmuka jaringan, merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada setiap komputer. Pada umumnya, PC sekarang ini memiliki NIC yang disebut LAN card onboard.  PC yang belum memiliki NIC dapat dipasangkan pada slot ekspansi di dalam komputer. Notebook memiliki slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot dan pada komputer MAC pemasangan NIC menggunakan kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputer. Kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu ethernet, konektor localtalk, dan token ring. Umumnya, PC menggunakan kartu ethernet.
  a. Ethernet card
      Komputer yang belum memiliki port untuk LAN dapat menggunakan Ethernet card yang
      yang dipasangkan pada slot ekspansi. Kartu jaringan ini memiliki port untuk koneksi kabel
      koaksial ataupun twisted pair.
     
  b. Localtalk connector
      Kartu jaringan ini digunakan untuk komputer Macintosh. Localtalk hanya dapat beroperasi
      pada kecepatan 0,23 Mbps
  c. Token ring card
       Kartu jaringan ini menggunakan port dengan tipe dengan tipe konektor 9 pin dan kartu
       jaringan ini hampir sama dengan kartu jaringan ethernet.
       
2. Hub/Konsentrator
Hub berfungsi menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client server, dan perangkat lainnya seperti modem. Hub terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut. Hub dibagi menjadi dua jenis, yaitu hub pasif dan hub aktif (switch hub). Biasanya hub digunakan untuk topologi star. Dalam topologi star, komputer yang menghubungkan kabel twisted pair dihubungkan dalam hub. Hub yang beredar di pasaran mulai dari hub port 8, 12, 24, dan 32 dengan konektor RJ-45.



3. Kabel
Kabel berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Pada umunya, ada dua jenis kabel yang digunakan untuk jaringan, yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair)  dan STP (Shielded Twisted Pair) serta koaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.
Kabel UTP dan STP

 
Thick Coaxial

 
Thin Coaxial


4. Konektor
Konektor yang digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor RJ-45 yang terdiri dari 8 pin dengan kabel twisted pair dan konektor BNC dengan kabel koaksial.
 
Konektor RJ-45
 
Konektor BNC


5. Router
Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan transmisi antar keduanya. Router mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain. Kelebihannya ialah kemampuannya untuk mencari jalur yang terbai dalam mentransmisikan pesan atau data dari alamat asal ke alamat tujuan. Router dapat mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan di antara dua buah protokol, serta mengatur pesan yang melewati kabel serat optik, kabel koaksial, dan kabel twisted pair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar